Pages

Senin, 16 Desember 2013

" HIDUP DI AKHIR ZAMAN "

                                                           
                                
                       
T E R A S I N G !!!

Terasa nyamankah di telinga kita ketika mendengar kata tersebut ????
Terasing !!!. Begitulah yang digambarkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam mengenai keadaan ahlussunnah di akhir zaman. Sebagaimana sabda beliau :

“Sesungguhnya Islam berawal dalam keadaan asing dan akan kembali menjadi asing”[Shahih, HR Abu Dawud, At Tirmidzi]

Asing, aneh, diluar kebiasaan, dan kata-kata lain yang sejenis melekat pada seorang ahlussunnah yang istiqamah di atas sunnah Nabinya dan menggigitnya dengan gigi geraham di akhir zaman ini.

Akhir zaman, yang pada saat munculnya berbagai fitnah, ujian, cobaan, munculnya orang-orang yang menyemarakkan kesyirikan dan melestarikan kebid’ahan, bertebarnya kema’siatan dan merajalelanya kezhaliman, makin banyaknya orang-orang yang menganggap remeh agama, mempermainkannya, bahkan mencampakkannya.

Banyak cacian, hinaan, pemberian julukan-julukan dari orang-orang yang jahil terhadap agama kepada ahlussunnah, seperti : teroris, sok alim, jumud, kolot, aliran sesat, salah pemahaman, wahabi, mujassimah, Khawarij gaya baru, Darul hadist, maz’um, dan julukan konyol lainnya seperti : kambing (karena jenggotnya) & kebanjiran (karena tidak isbal pakaiannya). Julukan-julukan tsb akan semakin menjauhkan seorang dari sunnah, membuat tertekan dan membuat semakin terasing orang-orang yang berusaha mengamalkan sunnah Baginda Nabinya yang mulia Muhammad SAW.

Ahlus-sunnah :
- Ia terasing dalam agama ditengah kerusakan agama manusia.
- Ia terasing dalam pergaulan di tengah pergaulan manusia yang dipenuhi hawa nafsu, khalwat dan ikhtilat.
- Ia terasing dalam aqidah di tengah penyimpangan aqidah manusia.
- Ia adalah orang yang berilmu di tengah manusia-manusia yang jahil.
- Ia adalah pemurni aqidah di tengah para pelestari kesyirikan.
- Ia adalah pemegang sunnah di tengah manusia berbuat bid’ah.
- Ia adalah penyeru kepada Allah dan RasulNya di tengah para penyeru kepada hawa nafsu syahwat dan syubhat.

Rasulullah pun mensifati keadaan ahlussunnah yang menggenggam agamanya seperti orang-orang yang menggenggam bara api.

Rasulullah bersabda :
“Akan tiba suatu masa ketika itu orang yang berpegang teguh dengan agamanya seperti halnya orang yang sedang menggenggam bara api.” [HR.Tirmidzi 2260, as-Shahihah 957]

Hal ini disebabkan oleh banyaknya kemungkaran dan tersamarnya kebenaran, ditambah lagi dengan sikap arogan dan anarkhis dari sebagian pemegang sunnah itu sendiri sehingga orang yang berpegang pada sunnah dimusuhi dan dicurigai. Berbagai macam celaan dan tuduhan dilontarkan. Sebagian dari mereka bahkan diusir dari kampungnya, diasingkan dari keluarganya, seorang akhwat diceraikan oleh suaminya. Terasa amat berat berpegang pada sunnah pada saat sekeliling telah rusak, terasa jalan sunnah begitu terjal.

Ini tidaklah aneh, karena Nabi yang paling mulia, yang memiliki akhlaq yang agung, Allah berikan cobaan yang amat berat dalam menyampaikan risalah Rabbnya. Demikian pula para ulama setelah itu, simaklah sebuah kisah yang diceritakan oleh Imam asy-Syathibi rahimahullah (790 H) tentang keterasingan dirinya, beliau berkata :

Aku memulai memperdalam ushuluddin (pokok-pokok agama) baik amaliyah maupun keyakinan, kemudian memperdalam cabang-cabang yang dibagun di atas pokok-pokok tadi. Dari sana menjadi sangat jelas padaku mana yang sunnah dan mana yang bid’ah, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.


Kemudian aku menguatkan diriku berjalan bersama al-Jama’ah yang dinamai oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam dengan nama as-Sawadul A’zham, dan meninggalkan bid’ah yang telah dinyatakan oleh para ulama sebagai sesuatu yang bid’ah dan menyimpang. 

Sedangkan aku ketika itu sudah berada dalam barisan mereka yang sering berkhutbah dan menjadi imam. Namun ketika aku mulai istiqamah di atas sunnah, ternyata ku dapati diriku aneh dan terasing di tengah-tengah mayoritas manusia. Karena agama mereka telah dikuasai oleh adat istiadat dan telah dilumuri kotoran-kotoran bid’ah …

Maka akupun mempertibangkan antara mengikuti sunnah namun menyalahi adat istiadat manusia, pastilah aku akan menghadapi ujian yang amat berat walaupun pahalanya besar. Atau mengikuti mereka namun menyalahi sunnah dan jalan salafusshalih, akibatnya aku termasuk orang-orang yang sesat -dan aku berlindung kepada Allah dari hal tsb-Namun aku yakin bahwa keselamatan ialah denga mengikuti sunnah, dan bahwa manusia tidak dapat menolongku sedikitpun dari azab Allah.

Aku mencoba memulai mengamalkan sunnah secara perlahan, maka tegaklah kiamat padaku !!Cercaan bertubi-tubi menghampiriku. Aku dituduh sesat dan berbuat bid’ah, dan aku diperlakukan layaknya orang pandir dan bodoh..

Terkadang aku dituduh mengatakan bahwa berdo’a itu tidak ada menfaatnya karena aku tidak mau ikut berdo’a secara berjamaah di setiap selesai shalat..

Terkadang aku dituduh sebagai Syiah Rafidhah karena aku tidak mengkhususkan doa untuk khulafaur rasyidin ketika khutbah jum’at. Padahal perbuatan tsb tidak pernah dilakukan oleh salafusshalih, dan tidak pula oleh para ulama yang mu’tabar..

Terkadang mereka mengatakan bahwa aku memberatkan diri dalam urusan agama, karena aku konsekwen dalam hukum dan fatwa serta memakai madzhab-madzhab besar yang sudah diketahui keabsahannya..

Terkadang aku dianggap memusuhi para wali Allah karena aku tidak menyukai kaum sufi yang berbuat bid’ah dan menyimpang dari sunnah ..

Keadaanku menyerupai keadaan seorang imam yang terkenal bernama Abdurrahman bin Bathah di tengah masyarakat pada zamannya, beliau bercerita tentang dirinya :

“Aku merasa heran terhadap keadaanku bersama karib kerabatku baik yang dekat maupun yang jauh, yang mengenalku maupun yang tidak. Aku mendapati di mekkah, khurasan, dan tempat lainnya orang-orang menyeru pada pendapatnya.

Jika aku membenarkan perkataannya ia menamaiku Muwaffiq, jika aku menyalahi sebagian pendapatnnya ia menamaiku Mukhallif.
Jika aku membawakan dalil dari al-Qur’an dan Sunnah yang menyalahi pendapatnya ia menamaiku khariji.
Jika aku membacakan hadits tentang tauhid maka mereka menamakanku musyabbih.
Jika hadits itu berbicara tentang iman ia menamaiku murji’ah.
Jika hadits itu berbicara tentang perbuatan hamba ia menamaiku qodari.
Jika hadits itu berbicara tentang keutamaan ahlulbait ia menamaiku rafidhah.
Jika hadits itu berbicara tentang keutamaan abu bakr dan Umar ia menamaiku Nashibi.
Jika aku menjawab dengan lahiriyah hadits mereka menamaiku zhahiri.
Jika aku menyetujui sebagian dari mereka maka sebagian lainnya murka dan marah padaku.
Jika aku mencari keridhaan mereka maka Allah akan murka kepadaku dan mereka tidak bisa menolongku sedikitpun dari azab Allah.

Sesungguhnya aku berpegang kepada Al Qur’an dan Sunnah dan aku memohon ampun kepada Allah yang tiada illah yang berhak disembah selain Dia, dan Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Begitulah keadaan para imam yang berusaha istiqamah di atas sunnah, menghadapi cacian dan celaan.

Bila kita hidup pada masa Imam Syathibi, masihkah kita menggenggam sunnah ???, atau justru luluh di tengah masyarakat yang tergelimang dalam bid’ah ???

Imam asy-Syathibi hidup pada abad ke 8 Hijriyah, bagaimana dengan kita yang hidup pada zaman ini (abad 15 Hijriyah) ???.. Padahal keburukan akan semakin bertambah seiring bertambahnya zaman, sebagaimana sabda Rasulullah :

“Sesungguhnya tidak berlalu suatu zaman atas kalian kecuali zaman setelahnya lebih buruk dari zaman sebelumnya hingga kalian menjumpai Rabb kalian.”[HR. Bukhari, no.6541]

Namun, Rasulullah telah mengabarkan pada kita berita yang menggembirakan hati, melapangkan dada-dada kaum muslimin yang berpegang teguh pada sunnah, diantara sabda Beliau shallallahu alaini wa sallaam :

“Sesungguhnya Islam berawal dengan keasingan dan akan kembali kepada keasingan sebagaimana awalnya makamaka bergembiralah bagi orang-orang yang asing.”

Rasulullah ditanya : “Siapa mereka wahai Rasulullah ?”

Jawab beliau : “Yaitu yang melakukan perbaikan ketika manusia telah rusak.”
[HR. Abu Amr Ad Dani, Silsilah Ash Shahihah no.1273]

“Sesungguhnya di belakang kalian ada hari-hari kesabaran, kesabaran di hari itu seperti menggenggam bara api, bagi yang beramal (dengan Sunnah Nabi) pada saat itu akan mendapatkan pahala lima puluh.”

Seseorang bertanya : “Limapuluh dari mereka wahai Rasulullah ?”
Rasulullah menjawab : “Pahala limapuluh dari kalian.”
(Shahih, HR Abu Dawud, At Tirmidzi lihat Silsilah Ash Shahihah no. 494)

“Beribadah di zaman fitnah sama dengan berhijrah kepadaku.” [HR.Muslim 4/2268 no.2948]

 Tentulah hal-hal tsb merupakan keutamaan yang agung bagi kita yang hidup di akhir zaman. Menjadikan kita semakin kuat untuk terus menapaki jalan sunnah walaupun terasa terjal dan berbatu-batu.

Ya Allaah, kuatkanlah kaki-kaki kami untuk senantiasa tegar di atas sunnah Nabi-Mu, dan berikanlah kami keistiqamahan sampai akhir hayat hingga kami dapat melihat wajah-Mu di surga yang paling tinggi... Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar