Pages

Senin, 11 Februari 2013

Nikmatnya "BERSEDEKAH"


                                                                               
Inilah 5 perkara keutamaan bersedekah

bersedekah memiliki sejumlah keutamaan dan keistimewaan. Dalam (Al-Quran surah At-Taubah ayat:103) sedekah bertujuan untuk menyucikan  harta dan diri agar menjadi penentram batin mereka. Dalam sejumlah hadist, Baginda Rosululloh SAW menyatakan, Bersedekah itu merupakan bukti keimanan seseorang dan mereka yang bersedekah karena Alloh, Akan memperoleh "PAHALA"yang besar disisi Alloh SWA (Hr : Al-Baihaqi).

Diantara Keutamaan Jika kita bersedekah:
1 :- Orang bersedekah berhak mendapat rahmat Alloh (Qs; Al-A'raf :56) Sedekah akan menjadi naungan di Akhirat saat tiada naungan kecuali naungan Alloh SWA." Sesungguhnya sedekah itu memadamkan panasnya kubur dan hanyalah seorang MUKMIN yang mendapat naungan pada hari Kiamat nanti dengan bersedekah (Hr : Thabrani dan Baihaqi) 

2 :- bersedekah memadamkan murka Alloh SWA. " Sedekah Rahasia(bersembunyi) itu memadamkan Amarah Illahi" (Hr : Thabrani)

3 :-Bersedekah menolak kematian dalam keadaan su'ul khotimah (Akhir yang buruk/mati yang hina) " Akhlaq buruk adalah kejelekan, Kuat ingatan adalah mengembangkan sedekah menolak mati "SU'UL KHOTIMAH" (Hr :Al-Baihaqi)

4 :- Bersedekah menjadi sebab disembuhkannya penyakit " Obatilah orang-orang sakit dengan sedekah, Bentengilah hartamu dengan Zakat. Dan sesungguhnya " ZAKAT "itu menolak peristiwa mengerikan dan Penyakit. (Hr : Ad-Dairimi dari Ibnu Umar)

5 :- Bersedekah itu mendapatkan keberkahan dalam HIDUP serta menambahkan REJEKI " Barang siapa menafkahkan hartanya maka akan diberi keberkahan dirinya" Dalam Hdist lain disebutkan " Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberi maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Alloh SWA serta tidaklah seseorang Tawadhu' karena Alloh kecuali Dia akan mengangkat derajatnya"(Hr : Muslim)


                                                                         

RHAMADHON :
Rhamadhon adalah bulan termulia dan utama diantara bulan-bulan yang lain. Karena itu dibulan  ini akan makin berlipat pahala serta keutamaanya" Sedekah paling utama adalah sedekah dibulan Rhamadhon "(Hr : At-Thirmidzi dari Anas)

Pertama :- Diantara keutamaan sedekah pada bulan Rhamadhon, Antara lain Alloh SWA menebar rahmat dan ampunan-Nya untuk para hambanya. Barang siapa yang dermawan pada fakir miskin maka alloh akan membalasnyua dengan kedermawanan-Nya.


Kedua  :- Berkumpulnya puasa dan sedekah akan memperoleh balasan "SYURGA". sesungguhnya di syurga terdapat ruangan-ruangan yang di dalamnya dapat dilihat dari luar serta luarnya dapat dilihat dari dalam. lantas ditanyakan pada beliau, Untuk siapakah ruangan-ruangan itu ? Baginda menjawab : Ruangan itu diperuntukkan bagi orang yang bicaranya baik,santun, memberi makanan,selalu berpuasa serta banyak melakukan sholat malam dikala orang-orang tertidur" (Hr : Ibnu Khuzaimah)

Ketiga :- Puasa dan sedekah adalah ibadah yang paling hebat dalam menghapuskan dosa dan menjauhkan kita dari NERAKA. " Sedekah itu menghapuskan dosa seperti Air memadamkan Api "(Hr : At-Thirmidzi). Sedangkan puasa membersihkan dosa dan membakarnya.

Keempat :- sedekah menambah "SOLIDARITAS" Sosial antara anggota masyarakat serta mengeratkan lagi tali silaturrahmi. Terutama terhadap saudara-saudara kita yang kurang mampu.

Demikian hebatnya keutamaan Rhamadhon. Sudah seharusnya kita mempergunakan momentum MULIA ini untuk meningkatkan kepedulian kita kepada fakir miskin serta terhadap orang-orang yang tertindas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar