Pages

Rabu, 19 Desember 2012

" Sujud "

     Hikmahnya Bersujud ketika kita sholat:
                                                                          
Mungkin masih ramai dikalangan Ummat Islam tidak sadar pelbagai Hikmah dan Manfaat yang tersembunyi ketika kita bersujud didalam sholat. Padahal kita perlu sadar bahwa tiada suatupun ciptaan dan Suruhan Alloh ASW yang sia-sia. Malahan disetiap ciptaan itu mempunyai kelebihan yang selalunya tidak terjangkau akal Manusia.

Manusia melakukan sujud ada 2 bentuk : Yaitu Sujud fizikal seperti ketika kita bersholat dan sujud spiritual berbentuk ketaatan kepada perintah Alloh SWA. serta menjauhi semua laranganya.
Ulama mengatakan Sujud ketika sholat adalah waktu Manusia paling hampir dengan Alloh ASW. dan para Ulama menggalakkan kepada kita untuk bersujud lebih lama.

Antara Hikmah lain yang  kita dapat dari sujud adalah Bisa melegakan sistem pernafasan serta mengembalikan kedudukan organ tubuh ketempat asalnya ..

Bernafas ketika bersujud pula bisa :
:- Membetulkan kedudukan buah pinggang yang terkeluar sedikit dari posisi asalnya.
:- Membetulkan pundi peranakan yang jatuh akibat banyak melakukan aktifitas seharian.
:- Melegakan sakit Hernia.
:- Mengurangi sakit senggugut Buat Wanita.
:- Melegakan paru-paru daripada ketegangan.
:- Mengurangkan kesakitan bagi pesakit Apendiks atau Limpa.
Kedudukan Bersujud adalah paling baik untuk istirahat [rest] dan menyeimbangkan kawasan bagian belakang tubuh Manusia.
:- Meringankan bagian pelvis.
:- Memberikan dorongan agar mudah tidur.
:- Menggerakkan otot bahu, dada, leher, perut, serta punggung ketika akan dan bangun dari bersujud.
:- Dan pergerakan itu menjadikan otot-ototnya lebih kuat dan elastik secara otomatis memastikan kelancaran peredaran darah dengan baik.

:- Bagi Wanita pergerakan otot itu menjadikan buah dadanya lebih baik, mudah berfungsi untuk menyusukan bayi dan terhindar daripada penyakit payudara.
:- Mengurangkan kegemukan atau Obesitas.
:- Pergerakan bagian otot memudahkan Wanita bersalin, Organ peranakanya mudah kembali ketempat asal  serta terhindar daripada penyakit gelombang perut [convulsions].
:- Organ terpenting yaitu Otak Manusia menerima banyak bekalan darah dan Oxigen.
:- Menghindari pendarahan Otak jika secara tiba-tiba menerima pengepaman darah ke otak secara kuat dan mengejut dan menghindari penyakit tersumbatnya saluran darah dan sebagianya.

                                                                                

Dilihat diri segi Psikology pula. Sujud membuatkan kita merasa rendah diri. Di hadapan Alloh SAW yaitu Dzat yang maha pencipta sekaligus menghakis sifat Sombong, Riak, Takabur dan sebagainya.
Dari segi Perubatan, kesan Sujud yang agak lama akan menambah kekuatan aliran darah ke otak, Yang bisa menghindarkan pusing kepala dan Migrain, Menyegarkan otak serta menajamkan Akal fikiran sekaligus menguatkan mental seseorang.
Menurut penelitian, Terdapat beberapa Urat saraf didalam Otak Manusia yang tidak dimasuki darah, Sedangkan setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara Normal dan Sempurna.

Nah Jika kita bersujud agak lama darah yang tidak bisa memasuki ke otak dengan sendirinya. Otomatis  akan lebih mudah untuk menerobos masuk ke otak.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar