Pages

Selasa, 23 Oktober 2012

Bani Adam Vs Iblis




Untuk kita renungkan bersama !!! Cerita Bani Adam Vs Iblis Jahanam ..
Ane berharap yang membaca postingan ini adalah Masih kerabat Bani Adam. sama seperti Ane  Bani Adam juga. Nabi Adam As merupakan musuh bebuyutan Iblis. Di sebabkan kehadiran Nabi Adamlah telah membuat Iblis terusir dari Syurga. Bukan sekadar itu Alloh telah menghukumya tersesat selama-lamanya. Namanya musuh bebuyutan. sampai anak cucu semua keturunan Nabi Adam As pun jadi sasaran Iblis dan bala tentaranya.

Bukankah Al-Quran surat Al-A'raf ayat 16-17. disini akan kita temui sumpah iblis yang akan menjerumuskan semua anak cucu keturunan Nabi Adam as, dari ketaatan kepada Alloh SWA.

Iblis menjawab :- Karena engkau telah menghukum saya tersesat. maka saya akan benar-benar menghalangi mereka dari jalan mu yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari segala penjuru. dari muka dan belakang mereka. dari kanan dan kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan dari mereka Bersyukur serta Taat kepadamu( Al-A'raf 16-17).

Di dalam ayat ini Alloh SWA mengisahkan tentang Iblis yang bersumpah untuk menyesatkan Bani Adam dari jalan yang benar (lurus) sekuat tenaga dengan pelbagai cara dan helah dan dari segala arah serta pelbagai taktik  dan setrategi. Agar kesemua keturunan Bani Adam lalai dengan perintah Alloh SWA.
Dalam Tafsir Ibnu Katsir di jelaskan bahwa yang dimaksud dengan firman Alloh SWA dalam surat Al-A'raf ayat 16-17 di atas Adalah :-

Kemudian saya Iblis akan mendatangi mereka dari muka : Iblis akan membuat manusia ragu akan permasalahan akherat {min baini aidihim}sebab [akherat adalah masa depan kita].
Dan dari belakang mereka : membuat mereka cinta kepada dunia {wa min kholfihim}karena [dunia selalu di belakang kita]
“Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka”: Iblis akan membuat manusia ragu akan permasalahan akhirat (Min baini Aidihim), ( akhirat adalah masa depan kita). 
Dari kanan mereka: urusan-urusan agama akan di buat tidak jelas {Wa'an Aimaanihim}
Dan dari kiri mereka: manusia akan di buat tertarik dengan nikmat dan kesenangan dalam kemaksiatan {Wa'an Syama'ilihim}
Akan tetapi Iblis tidak akan bisa menyesatkan kita dari arah atas dan bawah kita ..kenapa ?

Al- Fakhrur -razy dalam tafsirnya berkata : diriwayatkan bahwa ketika iblis mengatakan ucapanya tersebut. maka hati para malaikat menjadi kasihan terhadap manusia. mereka berkata. " Wahai Tuhan Kami bagaimanamungkin manusia bisa melepaskan diri dari gangguan syaitan " Maka Alloh SWA berfirman kepada mereka bahwa bagi manusia masih tersisa dua jalan . atas dan bawah. jika manusia mengangkat kedua tanganya dalam Doa dengan penuh kerendahan hati atau bersujud dengan dahinya di atas tanah dengan penuh kekusyukan. maka Aku akan mengampuni dosa-dosa mereka " ( At-Tafsir Al-Kabir v/215 )"

Dalam Tafsir yang lain juga dikatakan bahwa iblis tidak mendatangi kita dari atas. karena rahmat turun kepada manusia dari atas ( Tafsir Ibnu Katsir III/394-395 )

Inilah ambisi Iblis untuk menyesatkan semua Bani Adam sampai tidak tersisa seorangpun dari mereka kecual;i yang bisa bersyukur dan taat kepada Alloh SWA. Secara realitas ternyata program syaitan ini menjadi kenyataan karena mayoritas Bani Adam telah terperangkap dalam jebakan-jebakan iblis. kecuali hamba-hamba Alloh yang ikhlas dan patuh dengan segala perintah Alloh.

Bagai mana cara Iblis membuat perangkap untuk menyesatkan Bani Adam ?
Dalam rangka menyesatkan Bani Adam dari jalan yang lurus. iblis mempersiapkancara dan jebakan-jebakan ada 6 tingkatan jebakan. yang di pasang iblis untuk menjerat Bani Adam. saya mendapati 6 macam ini dari buku yang saya baca. karya Abu Abdurrahman Sabry bin salamah bin Sahin. judul aslinya " Ash-Shira' Ma'asy-Syaitan" yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia oleh penerbit pustaka Al-Kautsar.

Enam Tingkatan itu Adalah sebagai berikut :- 

1 :- Iblis akan menjerumuskan Bani Adam ke l;embah kekafiran atau ke syirikan. kekafiran dan kesyirikan merupakan dosa tertinggi yang tak akan di ampuni oleh Alloh SWA atas pelakunya. Maka iblis begitu giat untuk mempromosikan kesyirikan ini. Iblis mencipta Tuhan Tuhan selain Alloh. yang semua itu di yakini Bani Adam sebagai tandingan adanya tuhan selain Alloh. banyak bani adam yang terjebak dengan jebakan ini. namun tak sedikit pula yang selamat. akan tetapi jika bani adam selamat dari jebakan ini iblis akan menggunakan cara berikutnya .


2 :- Iblis akan berusaha menjatuhkan Bani Adam ke lembah Bid'ah sehingga ia mengamalkan Bid'ah dan menjadi  ahlul bid'ah selamanya. Iblis tidak akan melarang Bani Adam untuk menyembah Alloh SWA tanpa menyekutukan dengan selain-Nya. Namun iblis akan mentusupkan ajaran-ajaran yang tidak berasal dari Al-Quran dan sunnah Rosululloh SAW ke dalam ajaran islam. sehingga para ahlil Bid'ah akan menyibukkan diri dengan amalan-amalan Bid'ah. Bani Adam mengira perbuatan mereka tidak menyimpang karena bagusnya iblis membungkus amalan-amalan Bid'ah menjadi seakan-akan amalan ajaran sunnah. Bani Adam akan selamat apabila membentengi diri dengan mengamalkan Al-Quran dan sunnah Rosululloh SAW. secara benar. Namun apabila Bani Adam termasuk Ahli Sunnah maka iblis tidak mampu memperdaya maka iblis akan menggunakan cara yang berikutnya : 

3 :- Iblis akan menggoda Bani Adam untuk melakukan dosa-dosa besar. Dosa besar memang tidak menyeret pelakunya kepada kekafiran. akan tetapi akan menyeret Bani Adam ke Neraka. Bnayak sekali Bani Adam terjebak ke dalam jebakan ini. Setiap hari kita mendengar berita pembunuhan. perselingkuhan, perzinaan, dan banyak lagi dosa-dosa besar terjadi. Namun bila Alloh menjaganya maka syaitan akan menggoda dengan cara yang lain pula :

4 :- Iblis akan menggoda Bani Adam dengan dosa-dosa kecil dan menganggapnya remeh. Dosa kecil seringkali dianggap remah oleh pelakunya. Padahal sesuatu yang kecil apabila berlangsung terus menerus dan dalam jangka yang panjang akan menjadi besar. sekecil apapun peluang iblis tidak akan melewatkanya walaupun dengan dosa kecil namun jika gagal maka iblis akan menggoda cara lain :

5 :- Iblis akan menyibukkan Bani Adam dengan perkara " Mubah"sehingga mereka lalai dari perkara pokok. Perkara Mubah adalah perkara yang boleh dilakukan jika Mubah tidak membuat kita berdosa. Namun juga tidak akan mendapat pahala. tergantung niat kita. Mubah lebih sering mengandung amalan duniawi. sehingga bila kita disibukkan dengan hal-hal yang mubah maka kita akan kerugian akherat yang besar. Kita tidak berdosa akan tetapi pahala akherat kita tidak akan bertambah. Statistik ini merupakan kerugian bagi Bani Adam. Namun jika Bani Adam terselamat dari perangkap ini maka iblis akan menggunakan cara yang terakhir :

6 :- Iblis akan menyibukkan Bani Adam dengan amalan yang rendah nilai pahalanya. misalnya dia menyibukkan Bani Adam dengan amalan sunnah sehingga melalaikan dari amalan yang Wajib. demikian seterusnya. iblis akan menyibukkan dengan Qiyamul lail. namun membuat lalai dari melaksanakan sholat subuh berjamaah. begitu seterusnya. Bila ada orang yang selamat dari Enam perkara perangkap Syaitan tersebut. maka dia termasuk Hamba Alloh yang Ikhlas yang tidak dapat digoda oleh Iblis karena mendapat taufiq serta Hidayah dari Alloh Subkhanahu Wata'ala.

Di dalam penjelasan lain ada satu makar yang dilancarkan Iblis kepada Bani Adam. yang Rosululoh SAW pun tak akan selamat dari makar ini. Iblis menguasai orang-orang kafir yang zhalim untuk menyiksa kaum mukminin. sampai saat ini masih banyak kita lihat makar Iblis yang satu ini masih berlangsung berterusan.

Demikian merupakan perangkap-perangkap Iblis yang harus kita kenal. semoga kita terselamat dari jebakan-jebakan Iblis laknatulloh tersebut. renungkanlah maka kita akan tahu sejauh mana kita telah terjerumus kedalam perangkap iblis ini. Dari poin 1 s/d 6. mana yang pernah kita dapati pada diri kita.

Wahai Bani Adam..Waspadalah ..Waspadalah !!! Iblis tidak akan melepaskan sekecil apapun peluang yang dimiliki untuk menjebak kita. INGAT ! Tetap memohon perlindungan kepada Alloh SWA berpegang teguh kepada Al-Quran dan Sunnah Rosululloh SAW akan menyelamatkan kita dari segala jebakan Iblis dan bala tentaranya.

Ane berharap semoga Artikel ini bisa bemanfaat dan berguna buat kita semua..Allohumma Amin.. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar