Pages

Selasa, 04 September 2012

" Doa Yang Mustajab"

Waktu-waktu Doa Mustajab

Rasululloh Saw bersabda : barang siapa yang mengharapkan Alloh untuk mengabulkan doanya ketika dalam keadaan kesempitan serta berduka maka hendaklah Dia banyak berdoa ketika masih dalam keadaan lapang (Hr At-Tirmidzi 3304,hadits hasan)
Adapun Waktu - Waktu Yang " MUSTAJAB" Untuk Berdoa :
Alloh memberikan setiap waktu dengan keutamaan dan kemuliaan yang berbeda-beda. diantaranya ada waktu-waktu tertentu yang sangat baik untuk berdoa. akan tetapi kebanyakan Orang mensia-siakan kesempatanyang baik tersebut. mereka menyangka bahwa seluruh waktu memiliki nilai yang sama dan tidak berbeda. setiap Muslim seharusnya memanfaatkan waktu-waktu yang utama dan mulia untuk berdoa agar mendapatkan keberhasilan' kejayaan' keuntungan' kemenangan' dan keselamatan baik di Dunia maupun di Akherat. Adapun Waktu-waktu MUSTAJAB tersebut Antara lain Ialah : 
(1) :- Sepertiga Akhir malam :
Dari Abu Hurairah Rodhiyallohu 'anhu bahwasanya Rasululloh Saw Bersabda : Artinya Sesungguhnya Alloh (Tuhan Kami) yang maha berkah lagi maha Tinggi turun setiap malam ke langit Dunia hingga berbaki sepertiga malam yang Akhir.Lalu alloh berfirman : barang siapa yang berdoa maka akan Aku kabulkan'barang siapa yang memohon pasti akan Aku perkenankan' dan barang siapa yang meminta ampun pasti akan Aku mengampuninya (Shahih Al-Bukhori, kitab Da'awat Bab Doa Nisful lail 7/149-150)
(2) :- Waktu ketika Berbuka puasa Bagi Orang yang berpuasa :
Dari Abdulloh bin 'Amr bin' Ash Rodhiyallohu 'anhu Bahwasanya beliau mendengar Rasululloh Saw Bersabda: Artinya Sesungguhnya Bagi orang yang berpuasa ketika saat berbuka ada Doa yang tidak ditolak oleh Alloh  (Sunan Ibnu Majah' Bab Fis Siyam La Turhoddu Da'watuhu 1/321 no 1775. Al-Hakim dalam kitab Mustadrak 1/422. Disahihkan sanadnya oleh Busyairi dalam misbahuz zujaj 2/17)
(3) :- Waktu Setiap selepas Sholat Fardhu :
Dari Abu Umamah' Sesungguhnya Rasululloh Saw ditanya Doa yang paling didengar Oleh Allohu Subkhanahu Wa ta'ala. Baginda menjawab : Artinya Di pertengahan malam yang Akhir dan setiap selesai sholat Fardhu. (Sunan At-Tirmidzi' BabJami'ud da'awat 13/30. Dishahihkan oleh Al-Bani di dalam Sunan At-Tirmidzi 3/167-168 no 2782)
(4) :- Ketika Saat Perang Sedang Meletus :
Dari Sahl Bin Saat Rodhiyallohu''nhu Bahwasanya Rasululloh Saw Bersabda: Artinya Ada dua Doa yang tidak tertolak atau jarang ditolak' Doa ketika saat adzan dan Doa ketika perang berkecamuk' ( Sunan Abu Dawud Kitab Jihad 2/21 no 2540' Sunan Baihaqi.Bab sholat Istisqo 3/360.Al-Hakim dalam mustadrak 1/89.Dishahihkan Imam Nawawi dalam Al-Adzkaar hal 341.dan Al-Bani dalam Ta'liq Alal Misykat 1/212 no 672 
(5) :- Waktu Ketika Hari Jum'at :
Dari Abu Hurairaoh Rodhiyallohu' anhu Bahwa Abu Qasim Shallallohu alaihi wassalam(Yakni) Bersabda : Artinya Sesungguhnya pada Hari Jumat Ada satu Saat yang tidaklah bertepatan Seorang Hamba Muslim Sholat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Alloh melainkan akan diberikan kepadanya. Beliu berisyarat dengan tanganya akan sedikitnya waktu tersebut.(Shahih Al-Bukhori' Kitab Da'awat 7/166. Shahih Muslim 'Kitab Jumuah 3/5-6). Waktu yang sesaat itu tidak boleh diketahui secara tepat dan masing-masing riwayat menyebutkan Waktu tersebut secara berbeda-beda . Sebagaimana yang telah disebutkan Oleh Ibnu Hajar didalam Fathul Bari 11/203. Dan kemungkinan Besar Waktu tersebut berada ketika saat Imam atau khotib Naik ke mimbar sehingga selesai sholat Jum'at Atau sehingga selesai Waktu sholat Ashar bagi Orang Yang menunggu sholat Maghrib.
(6) :- Ketika Waktu Bangun Tidur Pada Malam Hari Bagi Orang yang sebelum Tidur Dalam Keadaan Suci dan Berdzikir Kepada Alloh :
Dari Amr bin' Anbasah Rodhiyallohu'anhu Bahwasanya Rasululloh Saw Bersabda : Artinya Tidaklah seorang Hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun  pada malam hari kemudian memohon sesuatu  tenteng Urusan Dunia atau Akherat melainkan Alloh akan mengabulkan.(Sunan Ibnu Majah'Bab Doa 2/352 no 3924.Dishahihkan Oleh Al-Mundziri 1/371 no 595).Terbangun tanpa sengaja pada malam hari(An Nihayah fi Gharibi Hadits 1/190) Yang dimaksudkan dengan " ta'ara minal lail " terbangun dari tidur pada malam hari.
(7) :- Doa diantara Adzan dengan Iqomaht :
Dari Anas Bin Malik Rodhiyallohu'anhu Bahwasanya Rosululloh Saw Bersabda ; Artinya Doa tidak akan ditolak diantara Adzan dan Iqomaht'(Sunan Abu Dawud kitab Sholat 1/44 no 521. Sunan At-Tirmidzi Bab Jamiud da'awat 13/87. Sunan Al-Baihaqi kitab sholat 1/410.Dishahihkan Oleh Al-Bani kitab TamamulMinnah hal,139)
(8) :- Doa ketika Waktu Sujud di Dalam Sholat : 
Dari Ibnu Abbas Rodhiyallohu'anhu Bahwasanya rosululloh Saw Bersabda : Artinya Adapun pada waktu sujud maka bersungguh-sungguhlah berdoa kerena saat itu sangat tepat untuk dikabulkan' (Shohih Muslim kitab sholat bab Nahi An Qur'an fi Ruku' Wa Sujud 1/48) Yang dimaksudkan sangat tepat dan layak untuk dikabulkan doa Hambanya.
(9) :- Ketika waktu Sedang Hujan :
Dari Sahl bin A'ad Rodhiyallohu'anhu bahwasanya Rosululloh Saw Bersabda : Artinya Dua Doa yang tidak pernah ditolak ; Doa ketika waktu adzan dan doa ketika waktu Hujan. (Mustadrak Al-Hakim dan dishahihkan Oleh Adz-Dzahabi 2/113-114.dishahihkan Oleh Al-Albani dalam Shahihul Jami' no 3078) Imam An-Nawawi berkata bahwa penyebab doa pada waktu Hujan tidak ditolak atau jarang ditolak ialah karena pada saat itu sedang turun Rahmat Khususnya curahanHujan pertama diawal musim.(Fathul Qodhir 3/340)
(10) :- Sewaktu Ajal Tiba :
Dari Ummu Salamah bahwasanya Rosululloh Saw mendatangi rumah Abu Salamah (pada hari wafatnya) dan Beliau mendapati kedua mata Abu Salamah terbuka  lalu Baginda memejamkannya kemudian Bersabda : Artinya Sesungguhnya tatkala Roh dicabut maka pandangan mata akan mengikutinya. Semua keluarga histeris .Baginda melanjutkan Ucapanya Janganlah kalian berdoa Untuk diri Kalian kecuali kebaikan ,karena para malaikat mengamini apa yang kalian ucapkan. (Shohih Muslim ,kitab Janaiz 3/38) 
(11) :- Waktu ketika Lailatul Qodar : 
Alloh Subkhanahu Wata'ala Berfirman : Artinya Malam kemuliyaan itu lebih baik daripada seribu bulan. pada malam itu turun malaikat-malaikat dan juga malaikat Jibril dengan izin Tuhanya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh Kesejahteraan sehingga terbit Fajar. ( Al-Qadr : 3-5)
Imam As-Syaukani berkata bahwa Lailatul Qodar mengharuskan doa setiap orang pasti dikabulkan (Tuhfatud Dzakirin hal,56)
(12) :- Doa Ketika di Hari Arafah ( 9 dzulhijah) :
Dari Amr bin Syuaib Rodhiyallohu'anhu dari bapaknya dari kakeknya bahwasanya Baginda Nabi Mohammad Saw Bersabda ; Artinya Sebaik-baik Doa Adalah pada Hari Arafah. (Sunan At-Tirmidzi ,bab Jami'ud Da'awat 13/83 dihasankan Oleh Al-Albani dalam Ta'liq alal misykat 2/797 no 2598)
Demikianlah artikel ini ane sampaikan buat saudara-saudara sekalian semoga bisa bermanfaat buat kita semua. Qullu Am Wa antum Bil khoir..Tabarokallohu minna waminkum tabbarokallohhu ya karim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar