Pages

Selasa, 04 September 2012

" Istri SHOLEHAH "


Sifat-Sifat Isteri Yang Dijanjikan Syurga

Gambar Hiasan
Alloh Subkhanahu Wa Ta'ala Berfirman yang Maksudnya : Wanita (istri) yang sholihah Adalah :Perempuan Yang taat lagi memelihara Diri ketika sang Suami tidak ada dirumah ,dikarenakan Alloh telah memelihara Mereka. ( Al-Qu'ran Sr An-nisa,34) Dalam Ayat ini Alloh menghimpun beberapa sifat yang wajib ada pada seorang Wanita Solehah. Antaranya adalah Taat kepada Alloh SWT dan taat kepada Rosulnya serta taat kepada Suaminya dalam perkara yang Makruf (perkara baik) lagi memelihara dirinya ketika suaminya tidak berada disampingnya.  
Sheikh Abdul Rahman bin Nashir As-Sa'di r,h berkata : Tugas seorang Istri adalah menunaikan ketaatan kepada Alloh dan Taat kepada suaminya, karena itulah Alloh Berfirman : Wanita solehah adalah yang taat Yaitu taat kepada Alloh SWT, Lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dirumah atau tiada disampingnya ,yakni taat kepada suami mereka sekalipun ketika suaminya tidak ada. Dia menjaga suaminya dengan menjaga dirinya dan harta suaminya.(Taisir,hal.177)
Ketika Baginda Rosululloh SAW menghadapi permasalahan dengan para istri-istrinya sampai Baginda bersumpah tidak akan mencampuri (menggauli) mereka selama sebulan, lalu Alloh SWT menyatakan kepada Baginda SAW dengan Firmanya yang bermaksud : JIka sampai Nabi menceraikan kalian , mudah-mudahan Tuhanya akan memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik daripada kalian. Yaitu yang lebih Muslimat, Mukminat, Qonitat,(Taat kpd Alloh) , Taibat(Ahli Taubat) ,  Abidat(selalu beribadah) , Saihat(sering puasa) , dari kalangan para Janda ataupun Gadis. (Al-Qur'an Sr AL-Tahrim ,ayat 5) - [Al-Jami'li Ahkamil Qur'an S ,18/126-127, Tafsir Ibnu katsir, 8/132]   
Nabi Mohammad SAW Bersabda yang bermaksud : Apabila seseorang Wanita menjaga sholat 5 waktu, berpuasa sebulan, (rhomadhon) menjaga kemaluanya dan taat kepada suaminya, maka ketika berada di akherat dikatakan kepadanya : Masuklah engkau ke dalam Syurga dari pintu mana saja yang engkau sukai, (Hr Ahmad 1/191,shahihul Jami' no 660-661)
Berdasarkan Dalil-dalil tersebut, Dapat kita simpulkan bahwa sifat istri yang sholehah Adalah sebagai berikut :
(1) :- Mentaukhidkan Alloh dengan mengabdikan diri hanya kepada Alloh tanpa menyekutukan-nya dengan sesuatupun di Dunia ini.
(2) :- Tunduk dan Patuh kepada perintah Alloh,terus menerus dalam keta'atan kepada-nya dengan banyak melakukan ibadah seperti : sholat,puasa,bersedekah dan sebagainya.
(3) :- Menjauhi segala perkara yang dilarang Alloh dan Rosulnya serta menjauhi sifat-sifat yang rendah yakni yang bisa menghakis sifat-sifat Mulia.
(4) :- Selalu bertaubat kepada Alloh hingga lisan-nya senantiasa dipenuhi istighfar dan dzikir kepada Alloh, Sebaliknya dia menjauhi dari perkataan yang sia-sia, Yaitu perkataan yang tidak bermanfaat dan membawa Dosa seperti berdusta, berbohong, takabur, dan lain-nya.
(5) :- Mentaati Sang suami dalam perkara kebaikan bukan dalam perkara melakukan maksiat kepada Alloh dan melaksanakan Hak-hak Suami dengan sebaik-baiknya.
(6) :- Menjaga kesucian Dirinya ketika Suami tiada disisinya, Dia menjaga kehormatan dari tangan-tangan yang hendak menyentuhnya, dari mata yang hendak melihatnya, atau dari telinga yang hendak mendengarnya,Demikian juga menjaga Anak-anak,Rumah, serta Harta Suaminya.
Sifat-sifat Istri Sholehah Lainya Bisa diperincikan sebagai Berikut :
1 :- Penuh Kasih sayang selalu kembali pada suaminya dan mencari maafnya, Rosululoh SAW Bersabda : Mahukah Aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kamu yang menjadi penghuni Syurga : Yaitu Istri yang penuh kasih sayang. banyak anak, selalu kembali kepada suaminya, Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tanganya pada tangan suaminya seraya berkata"Aku tidak bisa tidur sebelum Engkau reda dari kemarahan-mu"(Hr An-Nasa'i dalam Syratun Nisa no 257)
2 :- Melayani suaminya (mengabdi kepada suami) seperti menyiapkan makan, minumnya, tempat tidur, pakaian, dan keperluan yang Lain-lainya.
3 :- Menjaga Rahasia-rahasia Suaminya, lebih-lebih lagi yang menyangkut hubungan intim antara dia dengan Suaminya.
Asma' binti Yazid Rodhiyallohu an'ha menceritakan dia pernah berada disisi Rosululloh SAW ketika itu kaum lelaki dan wanita sedang duduk. Baginda bertanya : Barang kali diantara kalian ada suami yang menceritakan apa yang diperbuat dengan istrinya(hubungan suami istri). dan barang kali ada istri yang memberi tahu apa yang diperbuat bersama suaminya ? Maka  mereka semua diam tidak ada yang menjawab. Aku (Asma') pun menjawab : Demi Alloh ! Wahai Rosululloh, Sesungguhnya mereka (para istri) benar-benar melakukanya. demiklin pula mereka (para suami).
Baginda Bersabda yang bermaksud : Jangan lagi kalian lakukan, karena hal yang demikian itu seperti Syaitan jantan yang bertemu dengan syaitan betina di jalanan, kemudian digaulinya sementara manusia menontonya.( Hr Ahmad 6/456)
4 :- Selalu Berpenampilan yang Sopan dan menarik di depan suaminya sehingga apabila suaminya memandang akan menyenangkan-nya.
5 :- Ketika suaminya sedang berada dirumah, dia tidak menyibukkan dirinya dengan ibadah sunnah yang dapat menghalangi suaminya untuk istimta' (bernikmat-nikmat) dengan seperti berpuasa, terkecuali apabila suaminya mengizinkan.
6 :- Pandai mensyukuri pemberian dan kebaikan suami, tidak melupakan kebaikan suaminya.
7 :- Bersegera memenuhi Ajakan suami memenuhi hasrat suaminya, tidak menolaknya tanpa alasan yang Munasabah dan tidak menjauhi tempat tidur suaminya, karena dia tahu dan takut terhadap Sabda Baginda yang bermaksud : Demi dhat yang Jiwaku berada di tangan-nya, tidaklah seseorang suami memanggil istrinya ke tempat tidurnya lalu si istri menolak ajakan suaminya (enggan melayani) melainkan Alloh SWT murka terhadapnya sehingga si suami redho padanya (Hr Muslim no 1436)
Demikinlah Artikel ini Ane Postingkan buat para pembaca yang Budiman Khususnya bagi Wanita dan Umumnya buat kita semua semoga kita bisa ambil manfaat dan berkahnya..Untuk menjadikan tauladan serta menjadikan diri kita lebih baik dari hari-hari sebelumnya ..Amin..Amin..Amin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar